Mahasiswa anggota KDMI Babel fokus menyimak materi kajian Hadist Shohih Muslim.

Pangkalpinang – Kajian Perdana Komunitas Dakwah Mahasiswa Islam (KDMI) Bangka Belitung (Babel) diadakan di Masjid Al-Mansyurin, Desa Pagarawan, Bangka, pada kamis sore (2/2/2017).

Kajian KDMI pertama kali digelar setelah acara Malam Keakraban (makrab) yang sukses dilaksanakan pada kamis lalu (23/2/2017). “Ini adalah kajian kita perdana yang dilaksanakan setelah acara makrab, Mahasiswa saya harap tetap semangat, karena ini awal pergerakan kita untuk kemajuan Mahasiswa kedepannya,” tutur Burhanudin Ketua KDMI Babel.

Kegiatan pengajian dimulai pukul 16.30 – 18.00 WIB dengan diawali pembacaan Al-Qur’an langsung oleh Ketua KDMI, Burhanudin.

Setelah pembacaan Al-Qur’an, dilanjutkan dengan pengkajian Hadits Shohih Muslim juz pertama yang diisi oleh Ustadz Melky, Ketua Biro Pendidikan & Dakwah DPW LDII Babel.

“Nikmat paling enak yang Allah berikan kepada manusia ialah ibadah, namun semua ibadah yang dikerjakan manusia, tidak semua diterima oleh Allah, kecuali jika dikerjakan dengan tulus, ikhlas karena Allah”, ucapnya.

Kajian Materi hadist muslim kali ini, mengkaji bab sholat, yang menerangkan tentang wajibnya membaca surat al-fatihah dalam mengerjakan Sholat.

“Ubadah mengklarifikasikan hadist kepada Nabi Muhammad SAW, tidak ada sholat bagi orang yang tidak membaca Al-Fatihah (sholatnya tidak sah),” terang Melky.

Hadist yang dikaji, menegaskan pentingnya membaca Al-fatihah dalam sholat, karena jika tidak dibaca, pahala sholatnya berkurang/tidak sempurna.

“Manusia itu pasti banyak aktifitas, bagaimana dengan kerepotan itu dicari yang lebih bermanfaat. Ulama’ ahli hadist pernah mengatakan: Wahai diri, jika engkau tidak menyibukkan dirimu dengan kebaikan, maka engkau akan disibukan dengan kejelekan, karena fitrahnya manusia hidup di dunia, penuh dengan kesibukan.”, ujarnya.

Rapat evaluasi & pembahasan pembentukan struktural kepengurusan KDMI Babel.

Kajian ditutup dengan rapat evaluasi dan pembahasan biro/bidang dalam struktural organisasi yang akan segera dibentuk.

KDMI Babel direncanakan akan memiliki beberapa bidang, seperti Bidang Keputrian, Bidang Kepemudaan, Bidang Kewirausahaan & Pengembangan Profesi, dan lain-lain.

“Ahamdulillah, acara berjalan dengan lancar, semoga ini menjadi awal yang baik untuk memulai semangat baru, walaupun diguyur hujan seharian, namun tetap semangat,” tegas Burhan di group whatsaap KDMI Babel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.