*Borong 3 Medali Emas dan 1 Medali Perak

Sungailiat (15/08). Perguruan Silat Nasional (Persinas) ASAD Kabupaten Bangka berhasil meraih Juara Umum pada Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) IPSI Kabupaten Bangka Tahun 2022 yang berlangsung di Stadion Orom Sungailiat, Bangka, pada 13 – 14 Agustus 2022.

Kejurkab merupakan salah satu ajang seleksi menuju Porprov Babel Tahun 2023. Kejuaraan Pencak Silat kali ini, diikuti oleh beberapa perguruan pencak silat yang ada di Kabupaten Bangka, diantaranya: Persinas ASAD, Tapak Suci, Pulau Kelapa, Muara, Pelawan, 12 Sutera, Merpati Putih, Kuda Putih, Si Putih Hawa, dan lain-lain.

Dalam aturan pertandingan, masing-masing perguruan pencak silat hanya diperbolehkan mengirim 1 orang atlit terbaiknya di setiap kelas yang dipertandingkan.

Pertandingan yang diperlombakan yaitu Kategori Tanding Putra, Kategori Tanding Putri, Kategori Seni Tunggal Putra, dan Kategori Seni Tunggal Putri.

Adapun Kategori Seni Ganda dan Beregu hanya exsebisi, untuk melihat sejauh mana kesiapan atlit-atlit di Kabupaten Bangka dalam menghadapi event Porprov Tahun 2023 di Bangka Barat.

Ketua IPSI Kabupaten Bangka, Hairul mengatakan, penjaringan atlit berbakat sangat penting dilakukan.

“Untuk mencari bakat yang baik, maka diperlukan seleksi yang baik dan sportif, sehingga ke depan akan memunculkan atlit-atlit berprestasi dengan daya juang semangat yang tinggi, yang nantinya bisa diharapkan mewakili Kabupaten Bangka, bahkan mewakili Provinsi Babel di event nasional,” ujar Hairul.

Hairul menambahkan, IPSI Kabupaten Bangka selalu siap mendukung atlit-atlit berbakat untuk mengembangkan karir prestasinya.

Dalam waktu dekat kata Hairul, akan ada event “Babel Open Tournament” yang juga akan diikuti oleh peserta dari luar Provinsi Bangka Belitung. “Maka kami harus benar-benar membina atlit-atlit kami agar berdaya saing dengan kontingen-kontingen dari luar,” ujarnya.

Kejurkab kali ini merupakan salah satu ajang seleksi menuju Porprov Babel Tahun 2023.

Hasil pertandingan, Persinas ASAD berhasil menorehkan prestasi dan keluar sebagai Juara 1 sekaligus Juara Umum dengan perolehan 3 medali emas dan 1 medali perak.

“Dua medali emas disumbangkan atlet Persinas ASAD atas nama Devina pada 2 kategori, yakni Tunggal Putri dan Tanding Putri Kelas A.

Dan satu medali emas disumbangkan atlet Persinas ASAD atas nama Akhmad Wildani di Kategori Tanding Putra Kelas C.

Sedangkan satu medali perak disumbangkan atlet Persinas ASAD atas nama Saiful Rozak di Kategori Tunggal Putra,” jelas Manajer Official Persinas ASAD Kabupaten Bangka, Budi Yulianta kepada redaksi, Senin (15/08).

Sementara itu, Ketua Persinas ASAD Kabupaten Bangka, Fredi Gunawan menyampaikan, prestasi yang diraih oleh para atlit Persinas ASAD merupakan hasil gemblengan jauh-jauh hari sebelum pertandingan.

“Meskipun hanya mengirimkan 4 atlit, Alhamdulillah dengan pertolongan dari Allah kita mampu merebut Juara 1 sekaligus Juara Umum pada Kejuaraan Seleksi Porprov di Kabupaten Bangka ini,” ujarnya.

Ia berharap, dengan kemenangan yang diraih dapat memacu semangat atli-atlit yang lain, “selagi kita ada kemauan dan kemampuan serta keyakinan, apapun bisa kita wujudkan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengapresiasi kepada IPSI Kabupaten Bangka yang telah membina atlit pencak silat dengan mengadakan pembinaan dan kejuaraan.

“Terima kasih kepada IPSI Bangka yang telah membina atlit-atlit pencak silat khususnya dari Persinas ASAD dengan mengadakan pembinaan dan event pertandingan, terima kasih juga kepada Dewan Guru dari Persinas ASAD yang telah berupaya melatih atlit-atlit kita, serta terima kasih kepada atlit-atlit serta manajer official yang juga sama-sama berjuang sehingga berhadiah kemenangan,” pungkasnya. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.