Tim Halaqoh Tahfidz Al-Qur’an (HTA) PPG Bangka menyosialisasikan program HTA tentang “Pentingnya Menghafalkan Al-Qur’an” di Masjid Qudrotul Kudsi, Air Salemba, Gabek, Pangkalpinang.

Pangkalpinang – “Jalan yang lurus adalah jalan yang jika ditempuh, walaupun berkelok-kelok tapi sampai ketujuan”, papar Sriyono saat membuka presentasinya pada sosialisasi Pengurus Penggerak Pembina Generus (PPG) bidang Halaqoh Tahfidz Al-Qur’an ke PC LDII Gabek pada jumat malam (17/2/2017).

Materi yang disampaikan yakni tentang “Kenapa kita harus menghafalkan Al-Qur’an?”.

Dalam pemaparannya, Sriyono menerangkan bahwa manusia itu terdiri dari tiga unsur :

  1. Akal
    Makanan akal adalah ilmu & pengetahuan, maka dari itu mencari ilmu sangatlah penting, bahkan Rasulullah SAW pernah bersabda : “Mencari ilmu itu hukummya wajib bagi setiap muslim.”
  2. Jiwa
    Makanan jiwa adalah dzikir kepada Allah.
    “Ingatlah dengan dzikir kepada Allah, maka hati menjadi tenang”, sabda Rasulullah SAW. Dan juga, lebih utamanya dzikir adalah membaca Al-Qur’an, karena satu huruf dihitung 10 kebaikan.
  3. Jasad
    Jasad membutuhkan makan & minum untuk beraktifitas. Al-Qur’an menegaskan firman Allah SWT yang berbunyi : “Makan dan minumlah kalian, namun jangan berlebihan.”

Ketiganya harus seimbang, jika salah satu tidak ada, maka akan kacau.

Realita kehidupan Manusia sehari-hari di era modern :

  1. Tidur, tidur dalam sehari semalam sebanyak 6 jam.
  2. Makan, makan membutuhkan waktu 3 jam/hari.
  3. Aktifitas, 8 jam/hari bahkan lebih.
  4. Ibadah, 1 jam/hari jika diakumulasikan 12 menit setiap sholat, dikalikan lima sholat wajib, maka ibadah wajib membutuhan waktu 60 menit/hari.
  5. Waktu luang, 6 jam/hari.

Bagaimana kita bisa memanfaatkan waktu luang ini untuk beribadah, salah satunya dengan menghafalkan Al-Qur’an.

Urwah bin Jubair, membaca seperempat Al-Qur’an dalam sehari semalam (setengah dibaca di siang hari, dan setengahnya lagi dibaca untuk bacaan sholat malam).

Begitulah pemaparan yang disampaikan oleh Pemateri, intinya menghafalkan Al-Qur’an sangatlah penting.

Program sosialisasi seperti ini sudah terlaksana di beberapa PAC & PC LDII se-Bangka, dan pada jumat malam ini (17/2/2017) diadakan di PC LDII Gabek.

Leave a Reply

Your email address will not be published.