Warga Pasar Lama (Pasma) menebang & membersihkan pohon pisang yang menghalangi jalan.

Koba – Gotong-royong penggarapan jalan setapak dikerjakan oleh warga Pengajian LDII di Pasar lama (Pasma) Koba bersama Tokoh Agama (Toga), Tokoh Pemuda (Topem), Pemuda yang tergabung dalam Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) Baitul Izza, dan Masyakarat sekitar komplek Pasar lama Koba,

Pembuatan jalan rencananya akan digarap dengan luas 2 meter dari area jalan setapak arah selatan Masjid Baitul Izza sampai ke utara jalan raya Taman Pemakaman Umun (TPU) Koba.

Jalan yang sudah digarap, nantinya perataan dan pengaspalan, semua akan diserahkan kepada Pemerintah Daerah (Pemda). “Kami hanya membersihkan tanah yang akan dijadikan jalan umum, selebihnya untuk perataan jalan, pengaspalan, itu semua urusan Pemda,” tutur Sugiono, Ketua Pimpinan Cabang (PC) LDII Koba.

Lanjutnya, tiang listrik yang berada tepat di tengah jalan, juga akan dipindahkan oleh pihak PLN Koba, pohon-pohon pisang dan mangga yang tumbuh di area jalan pun ditebangi semua, termasuk bangunan bekas WC & toko Pasar lama ikut dirobohkan.

“Jalan ini untuk umum, jadi kita harus merelakan tanaman yang tumbuh untuk ditebangi, kalau teras rumah kena gusur untuk pembuatan jalan umum, yah harus rela, karena jalan ini untuk umum, sama-sama kita nikmati manfaatnya nanti,” ungkap salah satu warga yang sedang gotong royong kepada warga sekitar jalan setapak.

Tiang listrik yang masih tertanam di jalan yang akan dilebarkan, sudah dilaporkan kepala Lurah Koba kepada pihak PLN. “Tiang PLN ditengah jalan ini, pemindahannya sudah kami laporkan kepada Lurah Koba, dan kata Lurah Koba segera mungkin akan dipindahkan oleh pihak PLN,” tegas Hadi, salah satu warga Pasma yang ikut gotong-royong.

“Semua harus dikorbankan, termasuk yang teras rumahnya terkena pun harus rela dikorbankan, kalau mau senang, memang harus ada yang dikorbankan,” katanya.

Jalan yang diperluas jaraknya sekitaran 300 meter, dihitung dari belakang Masjid Baitul Izza dari arah selatan sampai utara jalan raya sekitaran TPU Koba.

Rojulan (17), pemuda IRMAS Baitul Izza yang sedang gotong-royong menghancurkan bangunan yang menghalangi penggarapan jalan setapak (26/2/2017).

Pemuda Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) Masjid Baitul Izza pun ikut berpartisipasi bersama Warga Pengajian LDII PC Koba dibantu masyarakat umum sekitaran Pasar lama Koba, mereka semangat untuk menebangi pepohonan dan meratakan bangunan lama yang menghalangi jalan.

“Jalan setapak ini rencananya akan diratakan dengan paping blok, karena jalan ini lebarnya 2 meter yang termasuk jalan setapak, dan jalan setapak biasanya kami pasang paping blok, bukan diaspal,” kata Hidayat, Pegawai di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bangka Tengah yang ikut gotong-royong bersama warga lainnya.

“Kegiatan gotong-royong seperti ini menurut saya seru, perlu sering-sering diadakan, karena gotong-royong membuat masyarakat tambah rukun dan kompak,” kata Rojulan, salah satu Pemuda IRMAS Baitul Izza kepada Biro KIM LDII Babel

Leave a Reply

Your email address will not be published.